Cara Memikat untuk Memahami Anak Autistik

Anak Lelaki yang Menelan Bintang-Bintang
karya Kochka

Terbit Agustus 2008 oleh Gramedia Pustaka Utama | Binding: Paperback | ISBN: - (isbn13: 9789792239270) | Halaman: 104 | Karakter: Lucy, Matthew | Setting: Perancis

Judul asli: The Boy Who Ate Stars
Translator: Rahmani Astuti
Illustrator: Satya Utama Jadi

TADINYA buku ini mau aku masukkan dalam kategori buku anak-anak, karena gaya tutur Lucy -- tokoh utama dalam novel ini -- sangat lucu dan kekanak-kanakan. Tapi setelah membacanya sampai selesai, aku pikir lebih tepat bila buku ini tidak dimasukkan ke kategori tersebut karena tema yang diangkat ternyata lumayan berat.

Lewat Lucy, anak dua belas tahun, kita diajak si penulis Kochka untuk mengikuti hasratnya untuk menolong seorang anak autistik dan seekor anjing. Anjing? Iya! Unik bukan? Ini sedikit menjelaskan mengenai cover buku ini yang memperlihatkan siluet seorang anak dan seekor anjing.

Adalah Matthew, anak autistik yang sekaligus tetangga Lucy di flatnya, yang menurut Marie ibunya susah berkomunikasi dengan orang lain. Matthew sebenarnya lumayan ganteng (kata Lucy lho), hanya saja ia unik. Ia punya simpati yang besar pada sekitarnya bahkan pada benda-benda mati. Ia bahkan bisa berjam-jam melihat pernak-pernik cahaya yang keluar dari manik-manik kaca. Lucy kemudian menemukan bahwa kunci berkomunikasi dengan Matthew adalah lewat musik, tepatnya lewat tambur yang dimainkan oleh kakek Balthazar.

Masalah kedua yang berhasil diatasi oleh Lucy adalah masalah anjing kuper dan kurang percaya diri. Francois lama dibiarkan menjadi piaraan yang over-protektif sehingga ia menjadi anjing yang kurang inisiatif dan kuper. Oleh Lucy, Francois akhirnya diperkenalkan pada dunia luar yang membuatnya tumbuh menjadi anjing yang sejati.

Buku ini sedikit mengingatkanku pada Insiden Anjing di Tengah Malam karya Mark Haddon, semata-mata karena kesamaan tema yakni anak autistik. Gaya bahasa yang memikat, tidak berat, mampu membuat pembaca yang tidak mempunyai latar belakang pemahaman akan autisme paling tidak pada saat selesai membaca buku ini merekam sedikit informasi yang benar mengenai anak autistik.

4/5

0 balasan:

Poskan Komentar

 
Konten blog Fans Berat Buku bersifat personal.
Template Blogger Theme dari BloggerThemes Desain oleh WPThemesCreator