2 Totto-chan 2 Kesan Berbeda

Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela
Tetsuko Kuroyanagi

Terbit 2003 oleh Gramedia Pustaka Utama | Cetakan pertama 1981 | Binding Paperback | ISBN 979220234X;10603006 | Halaman 271 | Karakter Totto-chan, Pak Kobayashi | Setting Japan

Gue termasuk yang seneng banget pas buku Totto Chan dicetak ulang. Artinya, gue bisa baca lagi buku yang bagus tersebut dan mengkoleksi cetakan pertama dari Penerbit Pantja Simpati (1985) --- sampul kiri --- dan memiliki cetakan dari Penerbit Gramedia (2003) --- sampul kanan --- untuk dibaca ulang.

Somehow I feel buku terbitan Penerbit Pantja Simpati (1985) sudah barang tentu jauh lebih mulia tujuan penerbitannya (hanya dugaan) daripada versi Gramedia. Kenapa demikian? Pada tahun itu, buku ini hanya berselisih sedikit waktu dengan terbitan versi Jepangnya. Artinya, si penerbit kelihatan membawa misi mulia untuk menerbitkan buku yang sangat menggugah ini -- sebuah kritik dengan sendirinya untuk dunia pendidikan di Indonesia. Saya berutang banyak pada mbak tyas, kakakku yang membiarkan buku ini di lemarinya. Daripada menunggu Bobo tidak kebagian, akhirnya saya membaca buku ini dan asyik sendiri.

Ceritanya sendiri (semoga teman-teman udah pada tahu) tentu saja tentang anak kecil yang hiper-aktif dan karena rasa ingin tahunya yang LUAR BIASA besar ia sampai dikeluarkan dari sekolah. Tentu saja kejadian ini membuat repot mamanya. Untunglah ada satu sekolah yang mau menerima keberadaannya, terutama karena kepala sekolah di sekolah yang baru ini (digambarkan ruang kelasnya dibuat dari bekas gerbong kereta... wuih seru banget!) ngerti banget tabiat Totto chang itu bukan karena ia nakal, tetapi karena ia memang LUAR BIASA pandai.

Sampai sejauh ini, buku cetakan kedua masih mulus, sementara kalo dari segi grafisnya, gue lebih suka buku pertama. Abis ilustrasinya oke banget.

0 balasan:

Poskan Komentar

 
Konten blog Fans Berat Buku bersifat personal.
Template Blogger Theme dari BloggerThemes Desain oleh WPThemesCreator