Semangat Orwellian ala F. Rahardi

Migrasi Para Kampret: Sebuah Kisah tentang Kampret yang Tergusur (Seri Sastra Pembangunan)
Karya F. Rahardi

Terbit 1993 oleh Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara | Binding: Paperback | ISBN: 9798312333 (isbn13: 9789798312335) | Halaman: 162

BAGIKU, buku ini sangat menarik untuk dibaca, kedua terbaik setelah karya "Animal Farm" George Orwell. Bila Orwell menggunakan figur-figur babi sebagai tokoh sentral, F. Rahardi menggunakan kampret. Kampret? Iya, kampret!

Kampret adalah sebutan untuk kelelawar yang berukuran kecil, sering disebut juga codot atau kalong. Kampret adalah mamalia menyusui yang tergolong dalam subordo Megachiroptera, ordo Chiroptera (bangsa kelelawar).

Beda dengan kelelawar, kampret itu herbivora, hanya memakan buah-buahan atau menghisap nektar dari bunga. Walaupun kampret pada umumnya lebih besar daripada kelelawar, tidak semuanya demikian. Ada juga beberapa spesies yang panjangnya hanya sekitar 6 sentimeter. Kampret hanya ditemukan di daerah-daerah tropis di Asia, Afrika dan Oceania.

Dalam cerita F. Rahardi, kampret-kampret ini merupakan mahluk-mahluk yang terpaksa melawan karena sarang/rumah mereka dihancurkan. Mereka sama-sama pergi migrasi ingin menduduki gedung perwakilan rakyat. Jadi pergilah mereka menduduki gedung itu dan menjadikannya sarang mereka. Otomatis, para anggota dewan bersaing tempat dan sering kecipratan tahi mereka. Politis? Sedikit, tapi lebih banyak humornya sehingga prosa liris karya F. Rahardi ini sangat cerdas, sekaligus sangat komunikatif untuk membicarakan konteks sosio-politik Indonesia yang samar disiratkan oleh buku ini.

"Melawanlah, sebelum kata itu dihapus dari kamus." Jangan diiyakan. Itu hanya ajakan kampret!

5/5

0 balasan:

Poskan Komentar

 
Konten blog Fans Berat Buku bersifat personal.
Template Blogger Theme dari BloggerThemes Desain oleh WPThemesCreator