Hanya dengan menyingkirkan manusia-lah kita menjadi merdeka

Animal Farm
Karya George Orwell

Terbit 2006 oleh Fresh Book | Cetakan pertama: 1945 | Binding: Paperback | ISBN: 979-964482-8 | Karakter: Napoleon, Snowball, Mayor Tua, Jones

PERNAH diterbitkan dengan judul Binatangisme hasil terjemahan Mahmud Djunaedi, Animal Farm terbit lagi di bawah bendera Fresh Book pada tahun 2006. Buku ini sebelumnya diterbitkan juga oleh penerbit Sumbu (Yogyakarta) tahun 2001. Karya aslinya (bahasa Inggris) terbit 17 Agustus 1945 di Inggris. Buku dari penerbit Sumbu dicetak dengan paperback dan 109 halaman (edisi Indonesia).

“Kawan-kawan, sudah jelas bahwa sumber kesengsaraan hidup kita tak lain adalah tirani manusia. Maka hanya dengan menyingkirkan manusia-lah kita bisa menikmati hasil keringat kita. Hanya dengan menyingkirkan manusia-lah kita menjadi merdeka.” -- Mayor Tua

Dikisahkan sebuah tanah pertanian bernama Manor Farm, dan di sana terjadi pemberontakan satwa di pertanian ini terhadap pemiliknya yang jahat dan pemabok, Jones. Dipimpin oleh dua babi bernama Napoleon dan Snowball, mereka mengusir Jones, mengambil alih pertanian dan menjalankannya tanpa campur tangan dari luar hanya untuk satwa di seluruh Inggris. Semua bekerja sesuai kemampuan masing-masing. Mereka punya lagu revolusioner sendiri berjudul "Beast of England":

Beasts of England, beasts of Ireland,
Beasts of every land and clime,
Hearken to my joyful tidings
Of the golden future time...

Riches more than mind can picture,
Wheat and barley, oats and hay,
Clover, beans, and mangel-wurzels
Shall be ours upon the day...


Setahun dua tahun kemudian masalah timbul: ada perpecahan di tingkat pemimpin, yang lalu meletupkan bentrokan keras di antara dua pemimpin paling vokal, Napoleon dan Snowball. Jargon persamaan di antara semua satwa menjadi tak jelas begitu satwa yang berkuasa menganugerahi diri mereka sendiri privilese baru. Akhirnya, sistem eksploitasi baru pun muncul.

Animal Farm saya baca pertama kali tahun 1997. Itu artinya, 52 tahun setelah diterbitkan oleh Eric Blair, si empunya nama George Orwell. Bagiku, semoga ini benar, Animal Farm merupakan sindiran halus terhadap revolusi Rusia dan Stalinisme yang tidak mampu membendung Kapitalisme. Suatu kritik yang bagus untuk gerakan kiri dan juga hantaman keras di pantat untuk kaum kapitalis.

Bila suka membaca karya George Orwell, silakan berkunjung ke link ini http://www.orwell.ru/library/index_en

5/5

2 balasan:

Animal Farm mengatakan...

Saya jual novel Animal Farm karya George Orwell edisi bahasa Indonesia

AnGGie AnGGreani mengatakan...

Masih ada kak novelnya??

Posting Komentar

 
Konten blog Fans Berat Buku bersifat personal.
Template Blogger Theme dari BloggerThemes Desain oleh WPThemesCreator