Kitab Memulai Bisnis Startup

JUMLAH orang kreatif dan ulet berusaha di Indonesia cukup banyak. Apalagi Indonesia menikmati bonus demografi dengan jumlah angkatan kerja yang melimpah. Itu membuat Indonesia selain menjadi kantong pasar yang gemuk juga menyimpan daya produktivitas yang siap memberi perbedaan.

Hal ini bisa dilihat dari sekian banyak wirausaha yang muncul dari Indonesia dan gerakan usaha kecil menengah. Misalnya saja pukau dari Tokopedia, Gojek, Touchten hingga usaha menghidupkan kembali Pasar Santa yang diusung anak-anak muda Jakarta. Bagi saya itu sudah menunjukkan Indonesia memang punya potensi dan bila ada jalan maka akan menjadi negara yang sarat usaha.

Solusi Kendala Klasik

Saya juga melihat ada crowdsourcing hingga inkubator bisnis wirausaha yang kini bisa menjadi solusi dari kendala klasik: modal dan manajemen bisnis. Tapi bagi banyak orang, semua terasa tidak mudah ditembus. Bahkan ada yang tidak tahu dari mana harus memulai jika sudah memiliki ide bisnis yang bagus.

Nah di titik inilah sharing pengetahuan dan pengalaman Anis Uzzaman sebagai CEO Fenox Venture Capital sekaligus penulis buku Startupedia ini menjadi penting. Fenox adalah perusahaan Venture Capital yang berperan besar pada kesuksesan banyak start up lokal maupun global.

Anis Uzzaman tidak pelit membagi pengetahuan dasar yang perlu diketahui para pembaca yang ingin mempunyai wirausaha, mulai dari bagaimana memulainya, memilih tim, memasarkan hingga mencari solusi pendanaan. Ia tidak segan-segan memberi catatan kaki untuk istilah-istilah yang terlalu teknis, menggambarkan bagan hingga membagi sharing pengusaha startup yang berhasil. Ia menulis dengan cermat seperti menghadapi dengan tenang semua pertanyaan dari para pembaca.

Bukan Buku Jitu Atau Cara Cepat

Yang patut diacungi jempol adalah buku ini tidak bombastis memberikan janji cara jitu atau cepat sukses dan kaya raya yang menggampangkan banyak hal. Penulis meletakkan semua dalam proporsi bahwa apa yang ditulisnya merupakan acuan praktis dalam menjalani bisnis start up. Padahal ia bisa saja dan cukup legitimate untuk mengatakan hal tersebut dengan segudang pengalaman dan pengetahuan.

Hal lain yang positif direspon dari buku ini adalah kesederhanaan bahasa. Saya yakin tidak banyak orang yang cukup sabar untuk menyederhanakan pikirannya ke bahasa yang mudah dipahami bahkan bukan oleh orang yang terbiasa membaca buku bisnis.

Namun buku ini bisa diperbaiki dan dilengkapi dengan pengantar yang lebih memadai mengenai Silicon Valley dan detil proses pembuatan start up di Indonesia menyangkut status hukum dan pajak.

Detil buku:

Judul: StartupPedia
Karya Anis Uzzaman

Terbit: Maret 2015
Penerbit: Bentang Pustaka.
ISBN: 9786022910923
Tebal 245 halaman.
Binding: Paperback
Rating: 4/5

0 balasan:

Poskan Komentar

 
Konten blog Fans Berat Buku bersifat personal.
Template Blogger Theme dari BloggerThemes Desain oleh WPThemesCreator