Menjelajah sejarah Halmahera bersama Romo Mangun

Ikan-ikan Hiu, Ido, Homa
Karya Y.B. Mangunwijaya

Terbit 1987 oleh Penerbit Djambatan | Binding: Paperback | ISBN: 9794280410 | Halaman: 316 | Karakter: Gabi, Kiema-Dudu

NOVEL INI dilengkapi dengan peta, catatan sejarah kebudayaan masyarakat di Maluku Utara, dan ilustrasi yang memukau. Bercerita tentang Gabi yang pada tahun 1980 menelusuri sejarah Kiema-Dudu, kepala kampung Dowingo-Jo di tepi timur Teluk Kao di pulau Halmahera sana ratusan tahun sebelumnya (1594) dan menemukan kepahlawan dan keberanian masyarakat Halmahera saat menghadapi bangsa kolonial.

Barangkali karena keunikan dan konsistensi Romo Mangun untuk terus menuliskan novel sejarah, yang menjadikan novel pantas mendapat 5 bintang. Unik terutama dari daerah tempat diangkatnya cerita ini. Konsistensi menulis novel sejarah, sepertinya tidak perlu dipertanyakan lagi. Bukankah sudah terlihat dari novel-novel Burung-Burung Manyar, Roro Mendut, Genduk Duku, dan Lusi Lindri?

Yang istimewa di novel ini, sejarah yang ditulis adalah sejarah Halmahera di Maluku Utara. Dan buat orang Jawa seperti saya (setengah Madura), cerita tentang Halmahera terasa tak terjamah sebelumnya sampai akhirnya ditulis dengan lugas oleh Romo Mangun di sini. Jejak-jejak penulisan yang jenaka seperti dalam Balada Becak terekam pada sosok Gabi, si tokoh utama yang hanya bisa kita temui ceritanya dalam laporan-laporan resminya. Keunikan novel ini selain dari ilustrasi, juga gabungan peta, etnografi, dan detil yang luar biasa... sungguhpun aneh rasanya membayangkan darimana dan dengan cara apa Romo Mangun membangun semua detil ini.

5/5

0 balasan:

Poskan Komentar

 
Konten blog Fans Berat Buku bersifat personal.
Template Blogger Theme dari BloggerThemes Desain oleh WPThemesCreator